Kartunis India Didakwa Atas Tuduhan Menghasut

Written By Unknown on Monday, September 10, 2012 | 11:37 AM

Mumbai (AFP/ANTARA) â€" Kepolisian India pada Senin menginvestigasi seorang kartunis yang dituduh menghasut dalam serangkaian kartun yang mengecam catatan korupsi pemerintah, di antaranya menggambarkan pemerintah sebagai sebuah mangkuk toilet raksasa.

Penangkapan Aseem Trivedi, seorang seniman lepas, memicu kecaman dari media dan para aktivis anti-korupsi yang mengatakan bahwa hal itu merupakan bukti kurangnya penghargaan atas kebebasan berekspresi.

“Jika menceritakan yang sesungguhnya membuat saya menjadi seorang penghianat, Saya salah satunya,” ujar Trivedi diluar persidangan, tempat dia diserahkan ke tahanan kepolisian pada Minggu malam setelah sebuah komplain pribadi dari pengacara yang berbasis di Mumbai.

“Jika Saya membukukan hasutan untuk memberikan pelayanan kepada negara, Saya akan melanjutkan itu.”

Sebuah pengadilan lokal di Mumbai memerintahkannya untuk berada di tahanan kepolisian hingga 16 September untuk tindak pidana lain di bawah hukum penghasutan dan teknologi informasi.

Pemerintah baru-baru ini dikritik atas pemblokiran konten Internet dalam sebuah upaya untuk menenangkan ketegangan etnik di Banglore dan kota-kota lainnya.

Beberapa akun Twitter yang mengejek Perdana Menteri Manmohan Singh juga diblokir dalam tindakan keras.

Perseteruan yang sama mengenai sensor membludak pada tahun lalu ketika Menteri Komunikasi Kapil Sibal mengadakan pertemuan dengan Facebook, Google, dan perusahaan IT raksasa lainnya mengenai gambar porno yang berisiko menyinggung umat Muslim atau memfitnah para politisi.

Markandey Katju, kepala Dewan Pers India dan mantan hakim Pengadilan Tinggi, membela Trivedi, yang juga dituduh menampilkan kartun yang memuat demo anti-korupsi pada tahun lalu.

“Pendapat saya adalah bahwa kartunis tersebut tidak melakukan sesuatu yang ilegal,” ujar Katju dalam sebuah pernyataan. “Dalam sebuah demokrasi banyak hal yang dikatakan, beberapa benar dan yang lainnya salah.”

Surat kabar Hindu melaporkan bahwa kartun-kartun di antaranya menampilkan salah satu gambar mengenai satu-satunya pria bersenjata yang bertahan dari serangan Mumbai pada 2008 mengencingi konstitusi India, sementara satunya lagi menunjukkan gambar parlemen sebagai mangkuk toilet raksasa.

Kartun berikutnya berjudul “Gang Rape of Mother India,” dan yang lainnya menggambarkan lambang nasional India digantikan dengan gambar singa dan serigala yang meneteskan darah dari mulut mereka. (dh/ml)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kartunis India Didakwa Atas Tuduhan Menghasut

Dengan url

http://indonesianbeachblue.blogspot.com/2012/09/kartunis-india-didakwa-atas-tuduhan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kartunis India Didakwa Atas Tuduhan Menghasut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kartunis India Didakwa Atas Tuduhan Menghasut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger